Keindahan Air Terjun Curug Sewu - Kendal

Curug Sewu Kendal
Lokasi
Berjarak sekitar 40 km ke selatan dari kota Kendal dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau umum. Untuk kendaraan pribadi menuju objek wisata ini dari kota Kendal dapat ditempuh dari dua jalan utama. Bila dari arah barat menggunakan jalur Weleri -Sukorejo yang terlebih dahulu mellaui kota Cepiring. Sedangkan dari arah timur menggunakan jalur Boja-Patean. Kondisi jalan kedua jalur ini sudah beraspal mulus akan tetapi berkelok-kelok naik turun medannya.

Selain kedua jalur di atas Curug sewu juga bisa ditempuh dari Temanggung dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam berkendara atau Kebumen melewati Parakan kemudian langsung ke lokasi.
Bagi yang menggunakan kendaraan, dari kota Semarang naik bis jurusan Sukorejo, melewati Mijen, Boja dan selanjutnya dari Sukorejo naik angkot atau ojek ke Curug Sewu sekitar 7 km perjalanan.
Letak Kabupaten Kendal yang berada di pesisir Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah sebenarnya sangat mendukung pengembangan potensi wisata pantai atau wisata bahari. Akan tetapi, sejumlah obyek wisata pantai yang terdapat di Kabupaten Kendal ternyata tidak sepopuler air terjun Curug Sewu, obyek wisata yang terletak di dataran tinggi. Curug Sewu yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Temanggung ini justru menjadi obyek tujuan wisata andalan Kabupaten Kendal.
Area Curug Sewu Kendal
Memasuki kompleks wisata air terjun Curug Sewu, Anda akan segera dimanjakan dengan keindahan   alam   dan   kesejukan   udara   pegunungan.   Letihnya   perjalanan   yang   harus menempuh jarak dengan melewati rute naik-turun serta berkelok-kelok akan terbayar lunas sesampainya Anda di lokasi air terjun. Indahnya alam dataran tinggi, sejuknya udara gunung, segarnya aliran air, serta deburan suara air terjun Curug Sewu yang khas akan membuat nyaman hati dan pikiran Anda.

Asal-usul mengapa dinamakan Curug Sewu sebenarnya diambil dari nama desa yang menjadi lokasi air terjun ini, yaitu Desa Curug Sewu, yang berjarak sekitar 44 kilometer ke arah selatan Kota Kendal. Namun, ada juga meyakini bahwa kata “Sewu” sengaja dipakai karena merujuk pada struktur air terjun ini yang bertingkat-tingkat. Oleh karena tingkat-tingkat itu berjumlah banyak, maka air terjunnya pun diberi nama Curug Sewu (www.epwisata.wordpress.com). “Sewu” dalam bahasa Jawa berarti “seribu”, sedangkan istilah “Curug” dikenal dalam bahasa Sunda dengan makna “air terjun”. Dengan demikian, nama Curug Sewu dapat ditafsirkan dengan pengartian “air terjun yang mempunyai banyak tingkat”.

Fasilitas dan Akomodasi
Beberapa fasilitas yang ada di kawasan ini adalah ara parkir yang luas, musholla, MCK, dan beberapa warung penjual makanan. Bahkan di tempat ini tersedia juga taman rekreasi, kebun binatang mini dengan koleksi satwa yang beragam, kolam renang, panggung hiburan dan taman bermain anak yang dilengkapi wahana permainan, seperti kereta mini dan jet coaster.

Selain itu untuk melengkapi berbagai fasilitas dan sarana yang sudah ada, Gardu pandang juga disediakan bagi para pengunjung untuk melihat lepas bentangan alam.

Gambar-gambar
Curug Sewu Kendal Tangga

Suasana Curug Sewu Kendal
Pesona alam dan keindahan Curug Sewu Kendal
Pendopo Curug Sewu Kendal
Suasana Curug Sewu Kendal yang asri
Pelangi di Curug Sewu Kendal
Alam Curug Sewu Kendal
Baca Juga : Gunung Lawu

Disclaimer;
Agar pengetahuan ini lebih banyak dibaca oleh sesama penggiat alam bebas, maka silakan dibagikan ke social media dan bagikan juga ke group yang Anda ikuti. Terima kasih.

Silahkan menuju halaman feedback kami agar kami bisa lebih baik. Halaman Feedback
Tag : Wisata
1 Komentar untuk "Keindahan Air Terjun Curug Sewu - Kendal"

Kayaknya ga bisa buat mendekat ke curug sewu ini ya, rada bahaya kayaknya

Back To Top