Keindahan Wisata Keteb


Obyek wisata Ketep adalah kawasan wisata pegunungan yang terletak di puncak Bukit Ketep, berada pada ketinggian 1.200 m dpl (di atas permukaan laut) dengan  luas  area  sekitar 8.000 m². Kawasan wisata yang terletak pada jalur SSB (Solo—Selo— Borobudur) ini terkenal dengan pemandangan alam pegunungannya yang indah dan memiliki suhu udara yang sejuk. Sebelum dibangun menjadi  kawasan  wisata,

Ketep       sudah       sering  didatangi banyak pengunjung yang ingin menikmati keindahan panorama pegunungan. Pembangunan kawasan wisata Ketep diprakarsai oleh Gubernur Jawa Tengah, Mardiyanto, dan diresmikan oleh Presiden Megawati pada tanggal 17 Oktober 2002. Sejak diresmikan, kawasan wisata Ketep ditetapkan sebagai obyek wisata kegunungapian. Untuk mendukung  citra  tersebut, di Ketep  telah  dibangun berbagai fasilitas  yang  berhubungan dengan seluk-beluk kegunungapian, seperti Volcano Theatre dan Volcano Centre.


Obyek wisata Ketep terkenal dengan panorama alam pegunungannya yang sungguh mempesona. Keelokan panorama Ketep tersebut dapat dinikmati dari teras/pelataran Panca Arga. Dari pelataran ini, pengunjung dapat menyaksikan panorama alam lima gunung besar di Jawa Tengah, yaitu Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet. Selain itu, deretan gunung-gunung kecil seperti Telomoyo, Andong, Dieng, dan Perbukitan Menoreh juga dapat dilihat dari tempat ini. Setelah puas menyaksikan keindahan panorama pegunungan, pengunjung dapat turun dan duduk-duduk di gazebo-gazebo yang telah disediakan, menikmati kesejukan udara sembari menikmati indahnya hamparan areal pertanian.


Selain  memiliki  panorama  alam  pegunungan  yang  indah, keistimewaan  kawasan wisata Ketep juga bisa dilihat dari sarana pendukung yang dimilikinya, yaitu Volcano Theatre dan Volcano Centre. Volcano Theatre terletak di depan pelataran Panca Arga dan mulai dibuka pada tahun 2003. Bangunan yang semakin menegaskan Ketep sebagai obyek wisata kegunungapian ini mampu menampung sekitar 80 orang. Di dalam bangunan ini, pengunjung akan disuguhi film berdurasi 45 menit yang mengupas aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang merupakan  gunung  api  teraktif di Indonesia.  Film  ini dimulai dengan  penjelasan  teoritik tentang proses terbentuknya Gunung Merapi. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai bagian-bagian penting dari gunung ini, seputar aktivitas pendakian, penjelasan tentang  berbagai  macam  peralatan  pemantau  yang  dipasang  di  tubuh  gunung,  serta peristiwa meletusnya Gunung Merapi tahun 2006. 

Selanjutnya, film ini diakhiri dengan pemandangan tentang aktivitas penduduk di sekitar lereng Gunung Merapi pascaletusan tersebut. Perjalanan wisata di Ketep menjadi lebih komplit jika pengunjung juga memasuki gedung Volcano Centre. Gedung Volcano Centre sekilas tampak seperti bangunan bawah depan pelataran parkir. Di dalam bangunan ini, pengunjung akan disuguhi detail-detail informasi yang terkait dengan kegunungapian dalam berbagai format. Dimulai dari informasi umum tentang gunung berapi ditinjau  dari aspek geologisnya yang tersaji dalam bentuk gambar, foto-foto, dan peta dalam format besar. Selanjutnya, pengunjung dapat menggali dan menikmati berbagai koleksi gunung berapi di Indonesia melalui perangkat komputer multimedia. Dengan menggunakan alat ini, pengunjung dapat melihat berbagai tampilan Gunung Merapi serta miniaturnya dalam ukuran yang cukup besar. Alat ini juga menyediakan menu tentang kegiatan mitigasi bencana gunung berapi. Di bagian ini, pengunjung akan diajak secara langsung mengoperasikan peralatan pemantauan dan pendeteksian gejala- gejala vulkanik.

Lokasi obyek  wisata  Ketep  terletak  di  Desa  Ketep,  Kecamatan  Sawangan,  Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah, Indonesia. Untuk menuju kawasan wisata ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi  atau  angkutan  umum.  Jika  menggunakan  angkutan  umum, perjalanan  dapat ditempuh dari arah Semarang dan dari arah Yogyakarta. Jika dari arah Semarang, pengunjung dapat   menggunakan   bus   jurusan   Semarang—Yogyakarta,   sedangkan   jika   dari   arah Yogyakarta pengunjung dapat menggunakan bus jurusan Yogyakarta—Semarang. Baik dari arah Semarang  maupun  Yogyakarta,  pengunjung  dapat  turun  di  pertigaan  Blabak.  Dari Blabak, perjalanan dilanjutkan dengan naik bus Purba Putra sampai di pertigaan Sawangan. Dari Sawangan, pengunjung dapat menggunakan minibus warna pink yang akan mengantarkan sampai di depan kawasan wisata Ketep.

Untuk  memasuki  kawasan  wisata  ini,  pengunjung  cukup  mengeluarkan  biaya sebesar Rp 3.500 per orang (April 2015). Namun, bagi pengunjung yang tertarik untuk memasuki gedung Volcano Theatre dan Volcano Centre, pengunjung harus mengeluarkan sejumlah uang lagi untuk membeli tiket masuknya. Untuk memasuki Volcano Theatre, pengunjung  dipungut  biaya  sebesar  Rp7.000,-  per  orang,  sedangkan  tiket  masuk  untuk Volcano Centre sebesar Rp7.500,- per orang (April 2015). untuk menyewa Teropong : Rp3.000,- per orang, Tiket Wisata Mancanegara : Rp. 30.000-/orang (untuk semua Fasilitas)

Tag : Wisata
0 Komentar untuk "Keindahan Wisata Keteb"

Back To Top