Taman Wisata Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng
Taman Kyai Langgeng adalah obyek wisata alam yang terletak di Kota Magelang, Jawa Tengah. Taman ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan, serta berbagai macam jenis flora dan
fauna yang cukup lengkap. 
Arjuna di Taman Kyai Langgeng
Dinamakan Taman  Kyai Langgeng karena di dalamnya terdapat makam seorang pejuang  bernama Kyai Langgeng. Kyai Langgeng adalah seorang pejuang pada masa perang Diponegoro yang berlangsung antara tahun 1825 - 1830 M. Untuk mengenang jasa-jasanya itulah, kemudian nama Kyai Langgeng digunakan sebagai nama obyek wisata ini.
Wahana di Taman Kyai Langgeng
Desa Buku di Taman Kyai Langgeng
Taman Kyai Langgeng memadukan antara unsur pariwisata dengan pendidikan. Perpaduan itu tampak pada perpustakaan yang berada di dalam area wisata yang bersih dan indah. Dengan dibangunnya perpustakaan ini, maka pada tanggal 17 Mei 2003, Menteri Pendidikan Nasional, Prof. Dr. Bambang Soedibyo, memberi nama wisata ini “Desa Buku Taman Kyai Langgeng” yang pertama di Indonesia.
Kolam Renang di Taman Kyai Langgeng
View Gunung Merapi
Obyek wisata seluas 28 hektar ini memiliki pemandangan alam yang indah dan lingkungan yang bersih. Selain itu, udaranya juga sejuk sebab terletak di lereng Gunung Merapi. Di area wisata Taman Kyai Langgeng banyak terdapat gubug dan tempat-tempat duduk yang berada di bawah pepohonan yang rindang. Dari tempat itu, pengunjung dapat melihat area persawahan yang menghijau, lembah sungai, dan perbukitan yang nampak rapi. Pengunjung juga dapat melihat keanggunan beberapa gunung, seperti Gunung Sumbing dan Sindoro di sebelah barat, Gunung Andong di sebelah timur laut, Gunung Merapi dan Merbabu yang berada  di  sebelah  timur.  Kicauan  burung  yang  saling bersahutan  menambah  indahnya suasana taman ini.

Selain pemandangan alamnya yang indah, area wisata ini juga merupakan sarana penelitian yang memadai. Bagi pengunjung yang ingin melakukan penelitian kepustakaan (library research), terdapat perpustakaan yang dilengkapi dengan berbagai macam koleksi buku, majalah, surat kabar, ensiklopedi, kamus, dan lain-lain. Dan jika pengunjung ingin melakukan penelitian  alam,  di  area ini juga  terdapat  berbagai  macam  jenis  flora  dan  fauna yang tergolong  lengkap.  Berbagai macam jenis flora  yang  ada  diantaranya  cempaka  ganda (mycelia campaca), dewa daru, apel bludru, naga sari, matoa, ruser, lobi-lobi, keben, kemiri, kenari, pohon maja, pohon kelengkeng putih, dewa daru, kunto bimo, asem landa, ringin kurung, palem raja, pinisium, kayu cendana, dan lain-lain. Adapun koleksi jenis faunanya antara lain ayam hutan, ular piton, rusa, menjangan, arwana, aligator, kijang, kera, burung elang, dan lain-lain.
Arung Jeram Taman Kyai Langgeng
Di area wisata Taman Kyai Langgeng juga dilengkapi dengan sarana olah raga arung jeram. Aliran Sungai Progo Asri yang jernih dan tampak indah akan memuaskan bagi pengunjung yang gemar berolah raga arung jeram. Arung jeram di sungai ini akan menempuh jarak sekitar 9 km dalam waktu kurang lebih 3 jam perjalanan.
Hiburan Organ Tunggal
Pada hari libur pengunjung dapat menikmati berbagai hiburan seperti orkes dangdut, orkes melayu, reog, kuda lumping, dan orkes musik khas daerah. Pengunjung juga dapat mengikuti olah raga jalan santai dan senam massal yang diselenggarakan oleh masyarakat setempat tiap hari minggu pukul 06.00-08.00 WIB.

Taman Kyai Langgeng berada kurang lebih 1 km ke arah selatan dari pusat Kota Magelang, tepatnya di jalan Cempaka No. 6, Kota Magelang, Propinsi Jawa Tengah, Indonesia. Untuk menuju lokasi wisata Taman Kyai Langgeng, perjalanan dapat dimulai dari Terminal Magelang. Dari terminal ini, pengunjung dapat naik bus jurusan Magelang—Wonosobo, atau naik bus jurusan Magelang—Tidar jalur 1 atau 5, kemudian turun di lokasi.

Untuk memasuki kawasan wisata Taman Kyai Langgeng, setiap pengunjung dipungut biaya kurang lebih Rp 5.000 (Agustus, 2008). Namun, untuk dapat menikmati sarana hiburan tertentu seperti kereta mini, komedi putar, kereta air, dan lain-lain, pengunjung harus mengeluarkan ongkos tambahan antara Rp 2.000—Rp 10.000 per orang. Bagi pengunjung yang ingin berarung jeram, terdapat tarif Rp 96.000 per orang, termasuk pemandunya. Untuk mengikuti olah raga jalan santai dan senam bersama, tiap pengunjung akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 1.000 per orang dan hanya berlaku dari jam 06.00-08.00 WIB.

Update Januari 2016

  • Taman Rekreasi dan Edukasi Kyai Langgeng Kota Magelang buka setiap hari 07.00 -17.00 WIB Harga tiket terusan di bawah ini sudah termasuk 10 wahana permainan yang terdiri dari Teater 6 Dimensi, BIanglala, Komidi Putar, Komidi Layang, Kereta Mini, Kereta Air, Sepur Mini, Becak Mini, Becak Air, dan Mobil Keliling.
  • SENIN – JUMAT : Rp. 20.000
  • SABTU – MINGGU dan Hari Libur Nasional : Rp. 25.000
  • Paket Lebaran, Natal, dan Tahun Baru : Rp. 30.000

Baca Juga : Wisata Pantai Kartini

Sumber : Dinas Pariwisata Jawa Tengah

Jika ada pertanyaan silahkan ajukan pertanyaan dikolom komentar atau ke-menu Contact-us untuk menghubungi admin, kami menerima segala saran ataupun kritikan mengenai artikel atau struktur website kami dan menjadikannya lebih baik, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.
Tag : Wisata
3 Komentar untuk "Taman Wisata Kyai Langgeng"

Terima kasih telah memberi ulasan mengenai obyek wisata rekreasi dan edukasi Taman Kyai Langgeng yang berada di Kota Magelang - Jawa Tengah.

Taman Rekreasi dan Edukasi Kyai Langgeng Kota Magelang buka setiap hari 07.00 -17.00 WIB Harga tiket terusan di bawah ini sudah termasuk 10 wahana permainan yang terdiri dari Teater 6 Dimensi, BIanglala, Komidi Putar, Komidi Layang, Kereta Mini, Kereta Air, Sepur Mini, Becak Mini, Becak Air, dan Mobil Keliling.

SENIN – JUMAT : Rp. 20.000

SABTU – MINGGU dan Hari Libur Nasional : Rp. 25.000

Paket Lebaran, Natal, dan Tahun Baru : Rp. 30.000

Terimakasih juga telah berkunjung dan memberikan update harga mengenai tempat wisata yg saya ulas. :D

tahun ini kami rombongan dari MI PELITA INSANI dari indramayu ingin berkunjung.. untuk panitia ada bonus tiket ga?

Back To Top