Ebook SIAP MENDAKI - Panduan Dasar Kegiatan Pendakian

Sampul SIAP MENDAKI - Panduan Dasar Kegiatan Pendakian
Halo sahabat Alam kali ini najih.web.id akan membagikan sebuah buku  yang bisa dijadikan sumber pengetahuan dalam kegiatan bebas buku ini sangat tepat dijadikan sumber pengetahuan karena mempunyai isi yang cukup lengkap sebelumnya admin ucapkan terimakasih kepada penulis yang telah membuat karya ini. Buku ini dibagikan secara gratis kepada siapapun yang membutuhkan pengetahuan untuk kegiatan dialam bebas khususnya mendaki gunung, Mohon untuk tidak mengambil keuntungan dari buku ini dan jadikanlah konsumsi pribadi sebagai sumber pengetahuan anda. Link download ada dibagian bawah.
Penampakan
 DAFTAR ISI
Kata Pengantar
i
Daftar Isi
ii
Cara Membaca
iii
Klasifikasi Indormasi
iv

PENDAHULUAN
Empat Kemampuan Dasar
1
Faktor Bahaya
3
Etika Mendaki Gunung
5
Manfaat Mendaki Gunung
7

PERENCANAAN
Menyusun Rencan
8
Waktu Pendakian
11
Peserta Pendakian
13
Anggaran Biaya
14
Perizinan
15
Transportasi
17

PERLENGKAPAN
Perlengkapan Dasar
19
Perlengkapan Perjalanan
21
Perlengkapan Navigasi
32
Perlengkapan Masak & Makan
33
Perlengkapan Tidur
34

MEDIS
Pertolongan dan Penanganan Darurat
35
Tingkatan Gawat Darurat
36
Langkah Penanganan Korban Tidak Sadar
39
Gangguan Kesehatan Umum
45

SURVIVAL
Survival
53
Kebutuhan yang Harus dipenuhi
57
Perlindungan
59
Membuat Api
62
DAFTAR PUSTAKA

Hak Cipta Penulis

KATA PENGANTAR
Salam Lestari .. !

Kegiatan mendaki gunung merupakan aktifitas luar ruang  (Outdoor Activ­ ity) yang penuh dengan resiko.  Pengetahuan penggiatnya akan aturan dan langkah­langkah dalam mendaki gunung sangatlah diperlukan,  baik pada saat persiapan sebelum  mendaki maupun pada saat mendaki.

Bila berbicara tentang  risiko dalam  sebuah pendakian, maka tidak  bisa dilepaskan dari unsur keamanan dan keselamatan.  Hal ini sangat berkaitan karena menyangkut hukum sebab­akibat,  tidak jarang kasus­kasus kecelakaan yang terjadi, disebabkan oleh kelengahan dan ketidaksadaran penggiatnya akan risiko­risiko   yang dihadapi,  sehingga tidak  melakukan persiapan dengan maksimal, kurangnya pengetahuan maupun keterampi­ lan penggiatnya juga merupakan faktor  penyebab terjadinya  kecelakaan dalam berkegiatan di alam terbuka.  Bahkan pendaki yang telah berpen­ galaman dan telah melakukan persiapan dengan matang pun dapat mengalami kecelakaan dilapangan, apalagi  pendaki­pendaki pemula yang tidak mempersiapkan dirinya dengan baik. Tentu saja ini sangat berbahaya dan mengancam nyawa penggiatnya.

Buku ini disusun sebagai salah satu  upaya untuk menumbuhkan kepekaan terhadap  keselamatan dalam melakukan pendakian, berbagai informasi yang dipaparkan  dalam buku ini  diharapkan  mampu  menjadi  panduan kepada siapapun yang hendak mendaki  gunung.

Penulis

Bandung, Februari2012

Silahkan menuju halaman feedback kami agar kami bisa lebih baik. Halaman Feedback

1 Komentar untuk "Ebook SIAP MENDAKI - Panduan Dasar Kegiatan Pendakian"

Back To Top