Pesona Sungai Serayu - Wisata Arung Jeram

Pesona Sungai Serayu
Sungai Serayu adalah salah satu obyek wisata alam yang terdapat di Propinsi Jawa Tengah. Sungai yang berhulu di dataran tinggi Dieng dan memiliki panjang sekitar 30 km ini, melintasi lima daerah kabupaten, di antaranya Wonosobo, Purbalingga, Banjarnegara, Banyumas, dan Cilacap. Sungai yang bermuara di Samudera Hindia ini, mempunyai lebar sekitar 12—25 m.
Sungai Serayu Sebagai Tempat Arung Jeram
Di samping sebagai sumber kehidupan bagi masyarakat, Sungai Serayu juga merupakan tempat olahraga arung jeram. Sebab, di sungai ini medan pengarungan yang dilintasi tergolong unik dan menantang. Dengan kondisi sungai yang seperti itu, pemerintah daerah kemudian bertekad untuk bersungguh-sungguh mengembangkan sungai ini menjadi tempat wisata dan sekaligus lokasi olahraga arung jeram. Usaha tersebut ternyata membuahkan hasil. Terbukti pada tahun 1997, Sungai Serayu pernah dijadikan sebagai tempat perlombaan olahraga arung jeram tingkat nasional. Berawal dari itulah kemudian keberadaan sungai ini menjadi semakin terkenal.

Menurut cerita masyarakat setempat, pada zaman dulu Sungai Serayu merupakan jalur transportasi air para pedagang dari Cina, India, dan Arab. Para pedagang itu berlayar menuju hulu sungai ini untuk menjajakan dagangannya. Hal ini dapat dibuktikan dengan ditemukannya berbagai macam peninggalan yang masih dapat dilihat sampai sekarang, diantaranya penemuan bekas bangunan dermaga, keramik Cina, dan mata uang logam asing. Benda-benda peninggalan tersebut terdapat di Desa Plana, Banyumas.
Denah Menuju Lokasi Sungai Serayu
Sungai Serayu berada dalam Kabupaten Wonosobo - Banjarnegara, Jawa Tengah jika anda dari yogyakarta perjalanan kurang lebih 2,5 jam disana anda akan melewati lereng Gunung Sindoro dan lereng gunung Sumbing yang menyajikan kesejukan dan panorama alam pengunungan. Sungai Serayu mempunyai panjang kira-kira 25 km dengan jeram-jeram kelas III - IV dan jarak tempuh menggunakan perahu selama kira-kira 4,5 - 5 jam pengarungan. petualangan anda akan serasa sempurna bila anda bisa menaklukan sungai serayu wonosobo  dengan jeram-jeram yang cukup menantang.

Baca Juga: Kebun Binatang Taru Jurug - Taman Satwa

Silahkan menuju halaman feedback kami agar kami bisa lebih baik.
Tag : Wisata
0 Komentar untuk "Pesona Sungai Serayu - Wisata Arung Jeram"

Back To Top